Posted by : ilham mahmud s Kamis, 26 Mei 2011

Seiring berjalannya waktu, Anda sering melakukan install dan uninstall program pada komputer Windows, dan hasilnya ruang folder Windows Installermenjadi penuh dan sesak sampai bisa mencapai ukuran gigabytes.
Folder Windows Installer adalah folder system yang tersembunyi terletak dic:WindowsInstaller. Untuk dapat melihatnya, Anda harus menuju Folder Options, hilangkan centang pada opsi Hide protected operating system files.
Jika Anda buka folder tersebut, maka Anda akan melihat ada banyak file Installer, dan folder-folder di dalamnya juga mengandung banyak file Installer.

Kapanpun Anda melakukan install program menggunakan Windows Installer, maka sebuah copy dari perubahan system information diletakkan pada folder ini. Folder tersebut mengandung copian dari installed updates yang digunakan oleh Installer. Informasi ini dibutuhkan, jika Anda memutuskan untuk melakukan uninstall program, seringnya tidak akan selesai. Jika Anda menghapus folder tertentu, atau isi di dalamnya, maka Anda tidak akan bisa melakukan uninstall atau repair program menggunakan Windows Installer.
Mungkin suatu ketika Anda menghadapi situasi dimana Anda mendapati drive system Anda kelebihan space dan folder ini menghabiskan ruang yang terlalu besar.
Pertanyaan yang sering keluar adalah: Apakah aman untuk menghapus atau men-delete folder Windows Installer atau isi kandungannya?
Jika Anda mengosongkan folder tersebut, system Anda akan tetap dapat berjalan atau beroperasi secara normal. Namun seperti diterangkan, ketika Anda butuh melakukan uninstall/repair,update suatu program, maka Anda tidak bisa melakukannya.
Maka dari itu, seharusnya Anda tidak menghapus file dari folder Installer; atau paling tidak, Anda tidak melakukannya secara manual, karena folder ini bertindak sebagai cache untuk file instalasi dan patches (file-fiel MSP) dan dengan menghapusnya hanya akan membuat Anda tidak dapat melakukan uninstall atau memperbaiki program. Lebih jauh, hal ini mungkin membuat Anda tidak dapat melakukan update, patches, menghapus suatu software.
Namun jika Anda memang betul-betul harus membuat ruang kosong pada drive system, Anda bisa melakukan cut-paste kontennya dan memindahkannya ke drive lain untuk pengamanan.
Alternatif lain, Anda bisa coba untuk membersihkan folder Installer dengan men-download windows Installer Cleanup Utility dan menjalankan command:
msizap.exe g!
Ketika Anda menjalankan command ini, paket installer dan patches-nya diperhitungkan. Paket yang tidak masuk dalam referensi akan diperhitungkan untuk dihapus. Opsi “g” sendiri artinya akan menghapus cache file data Windows Installer yang sudah tidak ada kaitannya untuk semua user yang ada.
Msizap.exe adalah command line utility yang menghapus semua informasi Windows Installer untuk suatu produk atau seluruh produk yang terinstall di komputer.
Namun bagaimanapun juga, produk yang diinstall dengan installer bisa tidak berfungsi setelah menggunakan Msizap dan bisa mengakibatkan mesin menjadi tidak konsisten, sehingga Microsoft telah menghentikan support untuk Windows Installer Clean Up Utility.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

About