Posted by : ilham mahmud s Rabu, 07 September 2011


Sebuah tutorial dalam bentuk audio video tentunya akan lebih dinamis dan dapat menjelaskan beberapa hal detail dengan lebih mudah. Bagi Anda yang hendak membuat sebuah video tutorial Anda bisa menggunakan beberapa software gratis pembuat video tutorial dibawah ini. Pada dasarnya cara kerja program pembuat tutorial ini adalah merekan sebagian atau seluruh area pada monitor dan merekan suara dari microphone untuk kemudian menyimpannya dalam bentuk file video.

1. CamStudio
CamStudio merupakan software gratis pembuat video tutorial yang cukup populer dan banyak direkomendasikan untuk membuat sebuah tutorial dalam format video. Hal ini dikarenakan software ini mempunyai antarmuka yang sederhana dan penggunaan yang cukup mudah. Format video yang dihasilkan oleh CamStudio dapat kita pilih apakah akan disimpan dalam format .AVI atau .SWF Files. Tersedia juga tool untuk mengubah file .AVI menjadi file Flash (SWF). Anda bisa mendownload file Camstudio di http://camstudio.org/

2. Community Clips
Community Clips merupakan tools gratis untuk membuat Video tutorial dari Microsoft Office Labs. Sepperti halnya CamStudio program ini akan merekam seluruh atau sebagian area yang terdapat pada layar monitor. Tampilan Community Clips lebih sederhana daripada CamStudio dan format file output yang dihasilkan adalah dalam bentuk WMF file. Setelah di-install dan dijalankan kita dapat memulai merekam dengan mengklik icon Community Clips yang terdapat di notification are.


Selain dari notification area, bagi anda yang menggunakan microsoft word, excell dan power point dapat mengakses program ini Quick Access Toolbar atau  dari Community Clips Ribbon. Program ini dapat didownload di http://www.officelabs.com/projects/communityclips

Itulah dua buah program atau software gratis yang dapat kita manfaatkan untuk membuat sebuah video tutorial yang sederhana. Apabila Anda membutuhkan software yang lebih komplit, Anda bisa mencoba program Camtasia yang bisa anda download secara gratis di situs resminya www.techsmith.com dengan masa percobaan 30 hari.


Read more: http://www.catatanteknisi.com/2010/04/software-gratis-buat-video-tutorial.html#ixzz1XFuqCGOB

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

About