Posted by : ilham mahmud s Selasa, 20 Desember 2011


Pada saat kita menyalakan komputer maka akan terdengar suara yang keluar dari speaker internal kasing yang terhubung ke motherboard. Suara ini biasa disebut dengan BEEP. Suara yang dikeluarkan bisa berbeda-beda,tergantung dari kondisi computer saat itu. Dengan mengetahui arti dari suara BEEP saat booting maka secara otomatis kita dapat mengetahui kondisi computer. Nah berikut arti dari suara-suara tersebut :
Suara BEEP ada 2 macam, yakni BEEP panjang dan BEEP pendek.
BEEP Pendek 1x
Komputer berjalan dengan normal
BEEP 1 Pendek Berulang-Ulang
Ada permasalahan pada motherboard. Kita bisa memeriksa kondisi motherboard,mengecek perangkat hardware yang terpasang ke motherboard,memeriksa semua kabel data, label power dan sebagainya.

BEEP Panjang 1x
Ada permasalahan pada Memori
BEEP Panjang 1x yang Diikuti dengan BEEP Pendek 3x
Ada permasalahan pada VGA Card/ Kartu Grafis . Periksalah VGA Card / Kartu grafis. Periksa VGA Card dari beberapa kemungkinan,seperti kurang terpasang dengan benar ke soket, bagian bawah VGA(yang berwarna keemasan) kotor, mencoba VGA Card milik orang lain ke motherboard kita dan sebagainya.
Tidak ada Suara Sama Sekali
Tidak dapat dipastikan bagian dari perangkat hardware yang mengalami masalah. Jika ini terjadi maka anda bisa memeriksa seluruh bagian dari perangkat hardware, membongkar semua isi casing lalu dipasangkan kembali dengan benar. Akan lebih baik bila sebelum dipasang, debu-debu yang menempel dibersihkan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

About