Posted by : ilham mahmud s Minggu, 17 Juni 2012

Untuk memulai membuat website kita perlu mengetest dan mengedit tampilan sesuai selera kita di local server. Namun tidak selamanya membuat website harus ditest di lokal komputer tetapi bisa juga harus langsung ke server hosting sebenarnya. Misalnya program yang diencode menggunakan IonCube atau Source Guardian.
Anda bisa menginstall webserver dengan software PHPTriad atau Xamp yang bisa anda download di internet. Cari di Google dengan keyword “download phptriad” atau “download xamp”. Ikuti petunjuk install pada software tersebut dan anda pelajari. Dengan software ini anda bisa menginstall webserver, php, dan mysql sekaligus. Jadi anda hanya perlu menginstall dengan benar dan anda sudah siap membuat website.
Namun, jika anda ingin menginstall webserver Apache secara manual, akan kami pandu cara install webserver secara manual di komputer kita. Anda dapat mendownload webserver Apache2 untuk Windows versi terbaru di website http://apache.org

  1. Klik dua kali file installer Apache2 untuk mengawali proses installasi webserver
  2. Tekan tombol Next, kemudian Anda diminta memilih persetujuan penggunaan program ini. Pilih I accept the terms in the license agreement. Kemudian tekan Next lagi.
  3. Selanjutnya anda harus mengisikan nama domain, nama server, dan email administrator atau admin dari webserver tersebut. Isikan data asal saja.
  4. Tekan tombol Next, pilih custom pada kotak dialog selanjutnya dan tekan tombol Next kembali.
  5. Jika perlu, ganti lokasi untuk menyimpan file installasi untuk memudahkan proses pembuatan website dikemudian hari dengan menekan tombol Change. Berikutnya akan ditampilkan kotak dialog browser. Pada bagian look ini, ketik c:\webserver. Artinya, seluruh file installasi akan diletakkan pada folder webserver yang ada pada drive c:\. Tekan OK untuk mengakhiri proses installasi.
  6. Hasil installasi akan diletakkan pada folder webserver di drive c. Lebih detailnya berada di c:\webserver\apache2\

Konfigurasi PHP dengan Webserver Apache

Agar script PHP dapat dibaca oleh webserver dan dikenali sebagai script PHP, maka Anda harus menginstall modul PHP. Ikuti langkah-langkah konfigurasi dibawah ini.
  1. Download PHP installer di http://windows.php.net/download/
  2. Install php ke komputer, prosesnya sama seperti installasi software pada umumnya.
  3. Secara default, lokasi untuk menyimpan file yang akan dipublish adalah pada folder htdocs, selengkapnya pada C:\webserver\Apache2\htdocs. Namun untuk memudahkan Anda dalam proses install dan uninstall program website, lokasi penyimpanan ini diletakkan pada folder “web” di drive D:\. atau “D:\web”. Lokasi penyimpanan ini sering disebut dengan Document Root.
  4. Buatlah folder yang bernama “web” di drive D:\
  5. Restart webserver melalui Start Menu > All Program > Apache HTTP Server > Control Apache Server > Restart
  6. Buka browser Anda dan ketik http://localhost pada bagian address. Jika muncul tulisan “Index of /”, berarti installasi Anda sukses.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

About